Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan (Sesjen Kemenkeu) Heru Pambudi mengatakan bahwa Kemenkeu terus melalui perjalanan panjang reformasi birokrasi dan akan terus berupaya bertransformasi menjadi lebih baik. Tranformasi ini telah berlangsung sejak tahun 2002.

“Memang tema-tema yang kami usung di setiap fase-fase transformasi lembaga tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi. Yang terakhir adalah kami ingin menguatkan layanan kepada publik sekaligus koreksi di internal,” ungkap Heru pada acara Kemenkeu Learning Festival yang diselenggarakan di Aula Djuanda Kemenkeu Jakarta, Selasa (24/10).

Lebih lanjut ia menambahkan, Kemenkeu telah melaksanakan program Reformasi Birokrasi melalui tiga pilar utama, yaitu organisasi, proses bisnis, dan sumber daya manusia (SDM), sesuai dengan kebijakan Transformasi Birokrasi Nasional. Transformasi organisasi terlihat dari penyederhanaan jabatan administrasi, di mana 3.631 jabatan administrasi (eselon III, IV, dan V) pada beberapa unit eselon I menjadi jabatan fungsional. Reformasi ini diiringi dengan perbaikan proses bisnis dan pola karir pegawai.

Dari sisi SDM, Kemenkeu telah mengonsolidasikan jabatan fungsional dari 23 menjadi 4 jabatan fungsional di Bidang Keuangan Negara.

“Tujuan utama penyederhanaan tersebut adalah supaya apa-apa yang sekarang sulit bisa lebih mudah, cepat, dan tidak birokratis, karena Kemenkeu ingin melakukan simplifikasi bisnis proses,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Kemenkeu juga telah melaksanakan kebijakan pengurangan pegawai, yang telah mengalami pengurangan sekitar 5,05% sejak tahun 2019 sampai dengan tahun 2023. Pada tahun 2024, pengurangan pegawai diharapkan akan mencapai 5,63%, sehingga jumlah pegawai pada akhir 2024 menjadi 77.827 pegawai. Selain itu, untuk mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi, maka ekosistem transformasi harus diperkuat oleh teknologi informasi sebagai backbone organisasi.

“Meskipun kita negative growth, kinerja reformasi kita, kemudian indeks-indeks layanan kepuasan publik, ini Alhamdulillah menunjukkan kinerja yang menaik,” pungkas Heru. (Red)