Kejari Mukomuko Dampingi Pemkab Hadapi Gugatan Perdata

Mukomuko, kabar86.com – Kejaksaan Negeri Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendampingi pemerintah kabupaten setempat dalam menghadapi gugatan di bidang perdata terkait kepemilikan satu bidang tanah yang telah berdiri Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah setempat.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Mukomuko Hendri Antoro melalui Kasi Datun Bobby Muhammad di Mukomuko, Rabu, mengatakan kejaksaan mendampingi pemerintah setempat setelah menerima surat kuasa dari pemerintah setempat sebagai tergugat

Selanjutnya Kejaksaan Negeri Kabupaten Mukomuko telah menerbitkan surat keputusan (SK) untuk penugasan sebanyak enam jaksa penuntut umum (JPN) mendampingi pemerintah setempat.

Bahrul Yahya, warga Kelurahan Bandar Ratu Kecamatan Kota Mukomuko menggugat pemerintah setempat ke Pengadilan Negeri Kabupaten Mukomuko terkait kepemilikan tanah yang berukuran seluas 57 X 40 meter di Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko.

Saat ini tanah yang berukuran seluas 57 X 40 meter di samping sekretariat PWI Kabupaten Mukomuko ini sudah lama berdiri bangunan kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah.

Kejaksaan Negeri setempat sudah menyiapkan bukti-bukti, dan masih ada beberapa bukti lainnya yang masih disiapkan dari pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Provinsi Bengkulu.

Salah satu aset tanah yang telah berdiri bangunan kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah di Desa Ujung Padang ini masih menjadi aset BWS Sumatera VII Provinsi Bengkulu.

Ia mengatakan, rencananya sidang perdana akan di gelar tanggal 11 November 2020 dengan menghadirkan berbagai pihak yang terkait dengan materi gugatan tanah milik BWS Sumatera VII Bengkulu.

Bahrul Yahya, menggugat beberapa pihak lainnya diantaranya adalah pihak BWS Sumatera VII Provinsi Bengkulu, Direktur CV Melati Putri atas nama Herimudin sebagai pihak rekanan yang telah membangun kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mukomuko yang diklaimnya di atas tanah miliknya tanpa izin.(Ant)