BENGKULU UTARA – Sinergitas merupakan kunci penting untuk meningkatkan mutu pendidikan itu, selain dijalankan motor penyelenggara pemerintahan. Penting juga melibatkan swasta seperti komunitas sehingga akan menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih baik, tidak hanya kompetitif. Namun adaptif dengan semangat pemberdayaan yang turut menyertainya.

Pembangunan dibidang pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju serta meningkatkan para warganya untuk mengembangkan diri yang berkenaan dengan aspek jasmani atau rohani berdasarkan pancasila UUD 1945.

Anggota DPRD Bengkulu Utara, Hotman Sihombing, dalam memajukan pendidikan di daerah, pendidikan yang bermutu akan menciptakan generasi atau sumber daya manusia yang berkualitas. Maka sinergi menjadi kunci utama. Pada Peringatan Hari Guru (28/11/2023)

“Sinergi ini untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan yang tentunya terus berjalan  mulai dari pusat, daerah, legislatif hingga dunia usaha,” ujarnya.

Kualitas Pendidikan sendiri merupakan suatu keadaan, kondisi, penampilan, atau kinerja yang ditunjukkan oleh setiap komponen satuan pendidikan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, mengadakan interaksi dengan lingkungannya, dan memuaskan peserta didik/pengguna/masyarakat.

Dengan demikian, dengan bekerja sama dengan motor penyelenggara pendidikan di bagian mereka masing-masing, mereka akan memberikan dampak positif pada lingkungan sosial. Pada akhirnya, ini akan menghasilkan sebuah komunitas sosial yang berkembang dengan moderasi nasional.

Mutu Pendidikan di sekolah adalah Kemampuan sekolah dalam pengelolaan secara operasional dan efisien terhadap komponen – komponen yang berkaitan dengan sekolah, sehingga menghasilkan nilai tambah terhadap komponen tersebut menurut norma/standard yang berlaku. (Adv)