Bengkulu Utara – RANGKAIAN kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XXXVI Provinsi Bengkulu, yang dilaksanakan di Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2024 dimulai. Kemeriahan Rangkaian agenda tingkat provinsi tersebut, diawali dengan agenda Pawai Taaruf yang diikuti oleh seluruh kafilah perwakilan dari kabupaten dan Kota se-Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini difokuskan di Alun-alun Rajo Malim Paduko Kota Arga Makmur, Selasa (4/6/2024).

Dalam kegiatan pawai ini pula, ribuan peserta yang terdiri dari perwakilan siswa sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar/MIN, SMP/MAN, juga tingkat SMA/SMK, serta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah tak mau ketinggalan dalam kemeriahan pawai. Tak hanya itu, beberapa organisasi masyarakat yang terdiri dari Organisasi Islam, Majelis Ta’lim, tokoh agama serta unsur kemasyarakatan lainnya pun turut turun kejalan, memeriahkan gelaran akbar MTQ ke-36.

Para peserta pawai secara simbolis dilepas langsung oleh Bupati Bengkulu Utara, didampingi oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris
Daerah BU, unsur Intansi Vertikal, serta seluruh panitia penyelenggara.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian menyampaikan rasa bangga dan terimakasih atas antusiasme dari seluruh elemen masyarakat, khususnya kepada LPTQ Kabupaten Bengkulu Utara bersama unsur lainnya, yang bekerja keras menyuksesakan dan memeriahkan gelaran akbar yang dilaksanakan di Bengkulu Utara ini.

Bupati juga menyampaikan, bahwa agenda MTQ ini menjadi ajang untuk mempererat tali silaturrahmi, baik untuk peserta yang hadir dari seluruh kabupaten Kota se-Provinsi Bengkulu, ataupun bagi masyarakat yang turut andil dalam kemeriahan acara ini.

“Momentum MTQ ke-36 ini merupakan bagian dari wahana untuk kita saling berinteraksi menjalin silaturrahmi, serta mempedomani hal-hal yang berkaitan dengan isi
kandungan Al-Quran, hingga pada akhirnya Musabaqoh Tilawatil Quran ini menjadi kerja keras kita semua, untuk menjadi yang terbaik khususnya di Provinsi Bengkulu dan
Insya Allah akan menghasilkan Qori dan Qoriah terbaik yang akan mewakili ditingkat nasional,” ungkap Bupati.

Dalam agenda ini pula, Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian secara resmi membuka langsung pasar rakyat yang berlokasi di pusat kegiatan MTQ di Alun-alun Rajo Malim Paduko Kota Arga Makmur.

Pasar rakyat ini terdiri dari berbagai stand yang mengenalkan serta menawarkan produk berupa jajanan kuliner serta pernak pernik budaya yang ada di Bengkulu Utara.

Pasar rakyat ini diikuti oleh perwakilan dari unsur Organisasi Perangkat Daerah, Kecamatan, serta kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah yang menyediakan pernak pernik hasil UMKM masyarakat Bengkulu Utara.

Selepas agenda pawai dan peresmian pasar rakyat, dihari yang sama tepatnya selasa (4/6/2024) malam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU) menggelar acara malam Taaruf, bertempat di Balai Daerah Arga Makmur, agenda ini dihadiri oleh Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Bengkulu beserta jajaran, Kepala kantor wilayah kementerian Provinsi Bengkulu, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) BU, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staf ahli dan segenap
pejabat lingkup pemerintah daerah Kabupaten BU, turut hadir pula jajaran organisasi Islam, pendamping serta kafilah se-Provinsi Bengkulu.

“Dengan niat baik dan tulus, Pemkab BU juga terus berupaya memberikan yang terbaik dari segala sisi, sebagai tuan rumah yang telah dipercaya, Pemkab BU akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dengan diiringi nilai-nilai islamiyah dan Quran,” ungkap bupati.

Bupati juga menambahkan, bahwa Pemkab BU khususnya berharap, semoga seluruh rangkaian kegiatan perlombaan dan acara yang akan dimulai nantinya, dapat berjalan dengan baik dan lancar, bupati juga meyakinkan, bahwa Pemkab BU beserta pihak panitia akan memastikan jika seluruh fasilitas pendukung dalam setiap perlombaan MTQ ini, telah
disediakan dengan sebaik mungkin, sesuai dengan kemampuan dan keinginan bersama. (Adv)