Dukcapil Rejang Lebong Terbitkan Ratusan KTP-el Untuk Penduduk Pemula

Rejang Lebong, Bengkulu – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menerbitkan ratusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau KTP-el untuk warga setempat yang telah berusia 17 tahun atau penduduk pemula.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Rejang Lebong Ikhwan Setiawan di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan program perekaman dan pencetakan KTP-el di daerah itu hingga saat ini sudah mencapai 96,04 persen dari jumlah penduduk wajib KTP-el yang lebih dari 210.000 jiwa tersebar di 15 kecamatan.

“Kita sudah menerbitkan 830 keping KTP penduduk pemula yang pada bulan Desember ini memasuki usia 17 tahun yang sebelumnya masuk dalam daftar tunggu. Jumlah ini merupakan hasil perekaman keliling yang kita lakukan beberapa bulan belakangan,” kata dia.

Jumlah penduduk pemula ini diketahui setelah pihaknya melakukan program jemput bola dengan mendatangi desa/kelurahan di 15 kecamatan guna menuntaskan program perekaman dan pencetakan KTP di daerah itu yang hingga saat ini belum 100 persen karena masih ada 16.000 warga yang belum melakukan perekaman data.

“Masih ada sekitar empat persenan lagi yang masih kita cari terus. Saat ini kita sedang melaksanakan verifikasi data kependudukan dalam 156 desa dan kelurahan di Rejang Lebong,” katanya.

Dalam verifikasi itu, pihaknya sudah menerbitkan ratusan akte kematian sehingga NIK warga yang bersangkutan bisa mereka hapus dari data kependudukan setempat. Hal ini penting mereka lakukan karena masih banyak data penduduk yang sudah meninggal dunia namun NIK-nya masih aktif.

Dia menambahkan ratusan KTP penduduk pemula yang sudah mereka cetak ini selanjutnya didistribusikan kepada 15 camat di Kabupaten Rejang Lebong yang selanjutnya dibagikan ke pihak desa/kelurahan tempat penduduk tersebut tinggal.(Ant)