Tingkatkan SDM Pariwisata Pemprov Bengkulu Gandeng Poltekpar Palembang

Bengkulu, kabar86.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menggandeng perguruan tinggi Politeknik Pariwisata Palembang, Sumatera Selatan, untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang kepariwisataan yang berkompeten dan berkualitas.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan untuk tahap awal pembekalan peningkatan SDM akan diutamakan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Bengkulu yang bekerja di sektor kepariwisataan dan kebudayaan.

“Kita akan membangun sinergi terkait pengembangan SDM untuk ASN bidang kepariwisataan, juga termasuk nanti kita memerlukan pendampingan dalam bentuk pelatihan bagaimana kita mengembangkan aset pariwisata Bengkulu,” kata Rohidin, Selasa.

Gubernur Rohidin menyebut dirinya telah memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk menindaklanjuti rencana peningkatan SDM di bidang pariwisata tersebut.

Termasuk, kata dia, menyiapkan data ASN yang akan mengikuti pembinaan dan pembekalan peningkatan kualitas kepariwisataan di Politeknik Pariwisata Palembang tersebut.

“Saya minta OPD terkait menindaklanjuti terkait SDM pariwisata oleh BKD, kemudian persiapan anak SMA dan SMK Bengkulu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang kepariwisataan,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pariwisata Negeri Palembang Zulkifli Harahap mengatakan, sebagai salah satu institusi pendidikan pariwisata milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, pihaknya sangat mendorong pengembangan kepariwisataan Bengkulu.

Menurutnya dengan semua potensi pariwisata yang dimiliki Bengkulu, tentu dukungan SDM kepariwisataan sangat diperlukan dan pihaknya siap membantu pengembangan SDM tersebut.

“Tentunya harapan kami ASN di Bengkulu dapat melanjutkan perkuliahan sarjana kepariwisataan dan ekonomi kreatif,” kata Zulkifli.(Ant)