Tiga Rancangan Peraturan Daerah Diajukan DPRD Bengkulu

Bengkulu, kabar86.com – Anggota legislatif Provinsi Bengkulu mengajukan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) untuk dibahas bersama pemerintah daerah, yaitu tentang bantuan hukum, badan musyawarah adat, dan keolahragaan.

Anggota Komisi 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Zainal mengatakan bahwa masing-masing fraksi akan memberikan tanggapan, apakah raperda yang diajukan tersebut bisa diterima sebagai inisiatif DPRD atau tidak.

“Jika sudah diterima nanti dari masing-masing fraksi dengan kesimpulannya, bahwa Raperda ini sudah menjadi Raperda inisiatif DPRD,” kata Zainal, di Bengkulu, Selasa.

Zainal menjelaskan terkait pentingnya ketiga Raperda tersebut yang pertama, bahwa bantuan hukum Ini sudah menjadi perintah dari Undang-Undang (UU).

Kemudian yang kedua, Zainal mengatakan badan musyawarah adat juga penting karena Raperda di Provinsi Bengkulu ini sudah ada pada tahun 1993, dimana pihaknya melihat dari dasar hukumnya sekarang sudah tidak relevan lagi.

“Dengan kondisi saat ini, perlu melakukan koordinasi bagi seluruh badan musyawarah adat ditingkat kabupaten/kota, perlu penguatan kelembagaan badan musyawarah adat,” ujarnya.

“Pemberlakuan dari hukum/sanksi adat ini kedepannya sangat penting. Karena dengan penanganan dengan hukum positif kelihatannya tidak juga menimbulkan efek jera. Hukum adat ini sebenarnya sanksinya lebih berat walaupun sifatnya sanksi sosial,” ucapnya lagi.

Selanjutnya Zainal menambahkan bahwa keolahragaan juga sangat penting, karena ini merupakan aktivitas para atlet.

Sedangkan pemerintah daerah, jika semuanya ditanggulangi melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), maka para atlet akan jauh dari prestasi, karena keterbatasan kemampuan APBD tersebut.

“Makanya kedepan kita membutuhkan partisipasi dari masyarakat dan arah dari penyelenggaraan olahraga ini dijadikan industri olahraga itu sendiri. Jika sudah menjadi industri olahraga maka sumber-sumber pembiayaan itu bisa diciptakan melalui olahraga itu sendiri,” katanya.(Ant)