Tengah Pendemi COVID-19, Masyarakat Lebak Laksanakan Gerakan Peduli Palestina

Lebak – Meski berada di tengah pendemi covid19, Sebagai warga Negara Indonesia yang sudah dimanatkan dalam pembukaan UUD 1945 harus peran serta dalam menjaga perdamaian dunia, serta sesama Umat Islam adalah saudara, masyarakat Kab Lebak membuat sebuah Gerakan Peduli Palestina Kab Lebak yang merupakan aksi nyata dari amanat Pembukaan UUD 1945 dan juga Ajaran agama.

Acara yang dilakukan secara virtual dan menerapkan Protokol kesehatan yang ketat ini di hadiri oleh seluruh komponen masyarkat Lebak mulai dari FORKOMPINDA dan seluruh jajarannya sampai ke level terbawah, keluarga besar NU Kab.Lebak di seluruh Kec dan desa, keluarga besar Ormas Jarum, Organisasi-Organisasi lainnya dan beberapa perwakilan instansi non pemerintah serta tokoh masyarakat.

Gerakan ini di inisiasi oleh PC NU Lebak, Ormas Jarum, PC GP Ansor Lebak dan di dukung penuh oleh Pemerintah Daerah Kab Lebak. Dalam sambutannya Wandi S. Assayid mewakili Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa ini adalah bukti keterdorongan dan kepedulian warga Lebak, meski dalam waktu singkat, terbukti pada tahap pertama ini mulai dari tanggal 23 s/d 27 Mei pukul 10.00 terkumpul donasi baik yang di himpun melalui Keluarga Besar NU, Jarum, Maupun melalui rekening khsusus Panitia Gerakan Peduli Palestina kurang lebih diangka Rp. 89.610.000 juta. Sebagian besar dari ASN belum masuk karena tertahan libur kerja atau ASN baru bergerak per tanggal 27 ini sampai 7 Juni nanti. Artinya baru akan bisa kita hitung di tahap ke 2 nanti. Hasil donasi ini akan kita salurkan melalui PP Lazisnu PBNU, tutup Wandi dalam sambutannya.

Ketua PCNU Lebak Kyai Syaefudin Asy Syadzily dalam sambutannya menyampaikan, bahwa yang terjadi di Palestina bukan hanya soal agama tapi ini adalah masalah kemanusiaan dan penjajahan, maka kita sebagai bangsa Indonesia harus terus turut membantu menjaga perdamaian dunia.

Abah Nunung selaku ketua Ormas Jarum menyampaikan bahwa Jarum meski bukan ormas keagamaan tapi melihat kondisi palestina kami tergerak untuk bagaimana kami bisa membantu meski sedikit untuk meringankan saudara- saudara kita di Palestina.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi menyampaikan terima kepada seluruh masyarakat Kab. Lebak terutama kepada NU, Ansor dan Jarum yang telah menginisiasi gerakan ini ” ini membuktikan bahwa ketika Ulama, Umaro dan Jawara bersatu, maka akan bisa jadi turbin penggerak masyarakat, kita harus senantiasa bersama-sama menjaga perdamaian dunia, bersyukur kita di Lebak, di Banten, di Indonesia dalam keadaan damai, maka kondisi damai ini harus kita terus jaga, terlebih dalam suasana pandemi seperti saat ini”.

Gerakan ini adalah ikhtiar menebar cinta dan mengajak kebaikan mengetuk hati seluruh warga masyarakat Lebak tidak melihat suku, agama, ras, golongan maupun organisisai, “ini adalah ikhtiar kita sebagai manusia yang memiliki hati, membangun kesadaran kolektif khususnya bagi warga Lebak agar kita memahai bahwa hati kita yang akan mendamaikan dunia”. Sampai 27 Mei 2021 pukul 13.00 ini ada tambahan signifikan, jika diakumulasikan dengan pukul 10.00 maka sudah terkumpul sekitar Rp.101.806.000 di jelaskan oleh Deden selaku Ketua Pelaksana yang juga Ketua Ansor Lebak melalui sambungan tlp. (**)