Sulawesi Utara – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada Sosialisasi Peran Pemerintah dalam Perlindungan Konsumen di Era Digital yang berlangsung di Boroko, Bolang Mongondow Utara, Sulawesi Utara, Kamis (31 Nov).

Wamendag Jerry mengatakan bahwa perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia membawa pasar pada perekonomian digital dengan segala distorsi dan disrupsinya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang potensial bagi perkembangan bisnis start-up berbasis platform digital. Perkembangan bisnis ini juga tidak terlepas dari adanya permasalahan konsumen dengan dimensi yang luas, antara lain aspek ekonomi, teknologi, lingkungan sosial, budaya, kebijakan, dan hukum.

Lebih lanjut, Wamendag mengatakan bahwa perlindungan konsumen menjadi sangat penting karena permasalahan yang dihadapi oleh konsumen saat ini makin kompleks dan rumit, sehingga membutuhkan langkah penanganan yang tepat dan cepat.

Oleh karena itu, tugas pemerintah yaitu memastikan bahwa dalam penyelenggaraan urusan di bidang perdagangan, khususnya pelaksanaan perumusan dan kebijakan di bidang pemberdayaan konsumen berjalan dengan baik. (Red)