Jakarta – Kementerian Perdagangan kembali menggelar resepsi bisnis Permanent Trade Exhibition (PTE) ke-27Tahun 2023 di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (30 Nov). Kegiatan dibuka oleh Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Arief Wibisono.

Resepsi bisnis diselenggarakan secara reguler setiap minggu untuk mempromosikan produk ekspor Indonesia dari anggota PTE kepada perwakilan negara sahabat dan perdagangan asing di Indonesia.

Kegiatan kali ini dihadiri oleh perwakilan Kedutaan Besar Sudan, Bangladesh, Yaman dan Sri Lanka di Jakarta, serta Alliance.sy dan ASAP perusahaan asal Suriah. Adapun eksportir yang hadir yaitu perwakilan PT Cahya Aroma Inti, PT Daesang Agung Indonesia, PT Gajah Tunggal, CV Buana Agritama dan PT Inkor Bola Pasifik. Masing-masing perusahaan mempresentasikan produknya, antara lain produk makanan dan minuman, bumbu masakan, produk ban, dan produk bola olahraga.

Para perwakilan negara sahabat cukup antusias menyaksikan presentasi produk dan memberikan masukan sesuai kondisi pasar di negara asal. Para perwakilan dan pelaku ekspor menyatakan siap berjejaring untuk mendukung perkenalan produk Indonesia di mancanegara.

PTE merupakan ruang pamer di lantai 2 Gedung Utama Kementerian Perdagangan yang menampilkan lebih dari 1.000 sampel produk ekspor dari 200 perusahaan. Produk-produk tersebut menjadi referensi bagi pembeli luar negeri yang datang untuk mencari produk potensial dari Indonesia. (Red)