BENGKULU – Mendapatkan laporan adanya warga nelayan tradisioanal Kelurahan Malabro Kecamatan Teluk Segara yang belum pulang ke rumah saat pergi Melaut, Personel Polsek Teluk Segara dan Polres Kota Begkulu Polda Bengkulu turun langsung memberikan saran dan masukan terkait upaya melakukan pencarian, Senin (28/08/2023).

Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Aris Sulistyono, S.H., M.H melalui Kapolsek Teluk Segara Kompol Irzal, S.H mengatakan, berdasar informasi warga Pantai Malabro menyebutkan, ke-9 nelayan yang belum pulang melaut tersebut berangkat melaut mencari ikan pada hari Minggu tanggal 27 Agustus 2023 pukul 02.00 WIB dari bibir Pantai Malabro Jalan Bawal RT 08 RW 03 Kel Malabro Kec Teluk Segara Kota Bengkulu menuju Bengkulu Utara untuk mencari ikan.

Nelayan biasanya berangkat dini hari pukul 02.00 WIB dan sorenya sudah pulang ke Pantai Malabro pukul 17.00 WIB, akan tetapi sampai sekarang Senin tanggal 28 Agustus 2023 pagi ini kapal tersebut belum ada kontak.

Atas kejadian ini pihak keluarga sudah berupaya mencari kapal yang belum pulang dan hilang kontak.

Bhabinkamtibmas Polsek Teluk Segara Aipda Safrudin dan perangkat Kelurahan Malabro juga berkoordinasi meminta bantuan ke Basarnas Kota Bengkulu dan Instansi Terkait.

Tim Basarnas Kota Bengkulu, Airud Polda Bengkulu dan TNI AL tiba ke Pantai Malabro pukul 09.00 WIB kemudian mengerahkan 1 Kapal Karet beranggotakan 9 personel untuk melakukan pencarian.

Selain itu para nelayan tradisional juga membantu Tim Gabungan melakukan pencarian menggunakan 3 kapal.

Sementara itu, unit Intelkam Polsek Teluk Segara bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Malabro dan personel Polresta Bengkulu melakukan pulbaket, koordinasi dan turun langsung memberikan saran dan masukan terkait upaya melakukan pencarian dan agar pihak keluarga dapat lebih tenang.

Pada Senin sore ( 28/8/2023) Tim Gabungan mendapat informasi kapal Delta Milik Sdr. Irwan Denak yang sempat hilang kontak ditemukan Kapal Nelayan Tradisional di perairan Laut Palik Kabupaten Bengkulu.

‘ Saat ditemukan 9 nelayan dalam keadaan selamat. Mereka ditemukan dalam keadaan terombang ambing di perairan karena mesin Kapal Delta mengalami kerusakan / mati, proses evakuasi menuju Pantai Malabro masih dilakukan dengan cara menarik kapal, ” ungkap Kapolsek Teluk Segara Kompol Irzal, S.H.

Pada Senin (28/8/2023) pukul 19.00 WIB Kapal Delta beserta 9 awak berhasil mendarat dengan selamat di Pantai Malabro Kota Bengkulu.

” Alhamdulilah 9 awak Kapal Delta selamat sampai rumah, dan Kapal Delta juga berhasil ditarik sampai Pantai Malabro, ini semua tidak lepas dari Kerjasama antara TNI-Polri dan Basarnas di Kota Bengkulu dengan para relawan yaitu rekan-rekan nelayan yang sigap bersama-sama melakukan pencarian, ” ungkap Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Aris Sulistyono, S.H., M.H melalui Kapolsek Teluk Segara Kompol Irzal, S.H. (Rls)