Pemprov Bengkulu Dukung Pengembangan Tambak Udang di Kabupaten Kaur

Kabupaten Kaur – Pemerintah Provinsi Bengkulu mendukung potensi pengembangan tambak udang dan lobster di wilayah pesisir Kabupaten Kaur dengan menggandeng pihak investor tambak udang.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu, Rabu, mengatakan pengembangan ini berpotensi menambah nilai ekonomis mengingat tambak udang terbesar di Provinsi Bengkulu berada di Kabupaten Kaur.

Berdasarkan hasil penelitian, kualitas dan tingkat produktivitas tambak di wilayah ini merupakan yang terbaik dan tinggi berada di kawasan pesisir.

“Di mana lautnya tidak ada pencemaran sama sekali dan tingkat kadar garam-nya yang pas,” kata Rohidin.

Untuk pengembangan potensi tersebut, ia memaparkan diperlukan persiapan dari sisi tata ruang secara menyeluruh agar tambak dapat dimaksimalkan untuk 20 tahun yang akan datang.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat sekitar harus diberikan pemahaman yang baik tentang lahan tambak udang yang ada.

Hal tersebut dilakukan agar ketika ada investor yang berinvestasi, masyarakat tidak menjadi penonton di wilayah sendiri, tetapi dilibatkan secara produktif.

“Ini harus diakomodir dari sisi tata ruang di awalnya dan masyarakat nelayan setempat di edukasi agar nanti hasilnya bisa maksimal dengan model korporasi pendekatan koperasi,” ujarnya. (Ant)