Pemkab Rejang Lebong Segera Limpahkan Pengelolaan Aset Daerah

Rejang Lebong, Bengkulu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan segera melimpahkan pengelolaan sejumlah aset daerah itu kepada pihak ketiga sehingga nantinya bisa memberikan pemasukan bagi pemerintah setempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, Yusran Fauzi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan beberapa aset daerah yang akan diserahkan pengelolaannya oleh pihak ketiga ini ialah rumah makan terapung di kawasan Danau Mas Harun Bastari (DMHB), gedung Place of Information Center (PIC) di Jakarta dan Wisma Bukit Kaba yang ada di Jalan Sukowati Curup.

“Ada tiga aset daerah yang pengelolaannya akan kita serahkan kepada pihak ketiga yakni rumah makan terapung di kawasan DMHB, gedung PIC di Jakarta dan Wisma Bukit Kaba,” kata dia.

Dia menjelaskan, dengan diserahkannya pengelolaan aset daerah kepada pihak ketiga nantinya pemkab setempat akan menerima pendapatan asli daerah (PAD) sesuai dengan kesepakatan.

Dengan diserahkannya pengelolaan aset daerah ini, kata dia, nantinya Pemkab Rejang Lebong selain akan menerima setoran PAD juga tidak akan mengeluarkan anggaran untuk pemeliharaan aset-aset ini sehingga bisa membebani APBD setempat.

Untuk itu pihaknya, saat ini tengah menyusun regulasi terkait pengelolaan aset daerah oleh pihak ketiga tersebut agar nantinya tidak bermasalah hukum.

Menurut dia, aset-aset daerah yang dibangun oleh Pemkab Rejang Lebong ini setelah dibangun sudah mulai dimanfaatkan namun belum maksimal dan bukan ditelantarkan.

“Dengan dikelolanya aset-aset daerah ini oleh pihak ketiga kita berharap nantinya bisa memberikan kontribusi dan meningkatkan pendapatan bagi Kabupaten Rejang Lebong,” katanya.(Ant)