Pemkab Mukomuko Upayakan Penyaluran BLT-DD Tepat Waktu Pada September

Mukomuko – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu mengupayakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bulan kesembilan kepada keluarga penerima manfaat bantuan di 148 desa tepat waktu pada September.

“Mayoritas desa sudah melaksanakan pembagian BLT-DD. Terkait dengan Desa Pondok Baru, kita mengupayakan agar pejabat kepala desa tidak mengundurkan diri dan bisa menyelamatkan BLT-DD untuk masyarakat,” kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, M. Fadli, dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko sejak beberapa pekan yang lalu melantik pejabat Kepala Desa Pondok Baru, Kecamatan Selagan Raya untuk menggantikan mantan kepala desa lama yang diberhentikan oleh bupati.

Namun setelah beberapa hari dilantik pejabat kepala desa di Kecamatan Selagan Raya tersebut mengajukan surat permohonan pengunduran diri sebagai pejabat kepala desa.

Ia mengatakan, setelah pejabat kepala desa tersebut mengundurkan diri sampai sekarang belum ada pergantian pejabat kepala desa dari bupati.

Namun dari pemerintah setempat memohon kesanggupan pejabat kepala desa tersebut untuk tidak mengundurkan diri atau menyempatkan waktunya minimal dia selamatkan BLT-DD.

Karena yang bersangkutan ini aparatur sipil negara sehingga bisa bekerja profesional dalam mengurus dana desa dan mencairkan BLT-DD untuk masyarakat.

“Karena seyogyanya BLT-DD ini untuk masyarakat, jadi kita minta dia bisa bertahan untuk dapat mencairkan dana desa dan membagikan BLT-DD kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 148 desa di Kabupaten Mukomuko pada 2021 mendapatkan Dana Desa sebesar Rp123,16 miliar, meningkat dibandingkan dengan pada 2020 senilai Rp122,88 miliar.

Dari Dana Desa sebesar Rp123,16 miliar tahun 2021 ini, lanjutnya, setiap desa di daerah ini mendapatkan Dana Desa paling sedikit Rp600 juta dan paling banyak Rp1,5 miliar. (Ant)