Surabaya – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Perayaan Natal Nasional tahun 2023 di Gereja Bethany Nginden, Surabaya.

Dalam sambutannya, Menag mengatakan bahwa perayaan Natal nasional 2023 mengangkat tema ‘Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi’. Tema ini diambil dari Injil Lukas pasal 2 ayat 14.

“Damai sejahtera sebagai suasana hidup yang damai, rukun, dan tentram, tidak hanya berkaitan hubungan antara manusia dan tuhan, tetapi juga hubungan antara sesama umat manusia dan antara manusia dengan alam semesta,” jelas Menag, Rabu (27/12/2023).

“Hal ini tentu sangat melekat dengan kita karena kita tahu bahwa Indonesia penuh dengan keberagaman suku, ras, agama, tradisi, adat istiadat dan bahasa. Terlintas bagi kita bahwa kebaikan Tuhan itu nyata tercurah di negeri ini, karena kita dipersatukan di tengah perbedaan,” lanjut Menag.

Menag juga menjelaskan bahwa perbedaan itu tidak dilarang, tapi perpecahan dan pertengkaran tidak pernah bisa dibenarkan. “Saya adalah muslim yang meyakini kebenaran agama saya dengan seyakin-yakinnya, tapi tidak ada satu alasan pun untuk menghalangi kami yang muslim untuk tetap bersaudara dengan umat Kristiani,” ucap Menag.

Lebih lanjut, Menag mengajak umat Kristen dan Katolik untuk terlibat aktif dalam menata kehidupan bebangsa dan bernegara yang bermartabat untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. “Mari kita terus memohon kepada Tuhan agar Indonesia yang kita cintai ini tetap selalu dalam damai,” pintanya.

“Saya Menteri Agama Republik Indonesia mengucapkan selamat merayakan Natal tahun 2023 dan memasuki tahun baru 2024 kepada seluruh saudara saya umat Kristiani. Kiranya Natal membawa kedamaian dan kebahagiaan,” tutup Menag. (Red)