Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyebut Festival Pemuda Indonesia 2023 menjadi ajang silaturahmi sekaligus menguatkan kolaborasi serta sinergi dibidang kepemudaan. Kerja sama ini tentu dilakukan dengan berbagai organisasi kepemudaan (OKP) maupun komunitas kepemudaan.

“Harapan program Festival Pemuda Indonesia ini bisa terus ditingkatkan. Kita ingin anak muda disini bisa ikut kolaborasi dengan Kemenpora. Kita ada program pertukaran pemuda, program wirausaha, serta kepemimpinan dan lainnya,” ujar Menpora Dito di Kemenpora, Jakarta, Sabtu (14/10).

Menpora Dito mengatakan, Festival Pemuda Indonesia adalah salah satu bagian dari program menuju Hari Sumpah Pemuda 2023. Acara puncak Festival Pemuda Indonesia digelar di halaman Kemenpora pada 14-15 Oktober.

Kegiatan yang ramai di media sosial dengan tagar ‘Nongkrong di Kemenpora’ ini akan dimeriahkan dengan beberapa agenda. Misalnya seminar, stand-up comedy, penampilan grup vokal. Festival Pemuda Indonesia akan ditutup dengan penampilan konser grub band Ungu.

“Ini adalah bagian dari rangkaian bulan pemuda menuju Hari Sumpah Pemuda. Teman-teman dari berbagai OKP ikut memeriahkan, mereka juga ikut bertanding kompetisi futsal, gobak sodor, hingga tarik tambang,” terang Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora Dito mengungkapkan jika seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di Kemenpora. Menpora Dito ingin menjadikan Kemenpora adalah rumahnya anak muda.

“Jadi ini adalah semacam open house-nya Kemenpora. Saya kira ini yang hadir mencapai ribuan ya. Semoga Festival Pemuda Indonesia ini bisa jadi ajang silaturahmi sesama rekan pemuda. Tak hanya OKP saja, tapi ada komunitas juga,” jelas Menpora Dito.

“Semoga acara festival ini bisa terselenggara sukses dan aman sampai selesai kegiatan. Selamat menikmati akhir pekan dengan Nongkrong di Kemenpora karena ada festival musik, ini sangat relevan juga dengan anak muda,” pungkas Menpora Dito. (Red)