Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi ajang tahunan “Indonesia Travel Tourism Awards (ITTA) 2023/2024” yang memberikan penghargaan kepada para pelaku industri jasa pariwisata di Indonesia sehingga membantu menumbuhkan semangat mereka dalam meningkatkan pelayanan bagi wisatawan.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan penghargaan kepada para pelaku industri jasa pariwisata di Indonesia sehingga membantu menumbuhkan semangat mereka dalam meningkatkan pelayanan bagi wisatawan dalam acara ITTA 2023/2024, Senin (11/12/2023) malam di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

“Saya sangat mendukung dan mengapresiasi Indonesia Travel Tourism Award yang sudah 14 tahun secara konsisten memberikan selebrasi bagi industri pariwisata di Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga dalam ITTA 2023/2024, Senin (11/12/2023) malam di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Total ada 64 kategori yang diberikan dalam ITTA 2023/2024 meliputi hotel, resort, villa, apartemen, wellness center, theme park, travel agent, maskapai penerbangan, dan kategori penghargaan lainnya.

Menparekraf mengatakan, untuk menghadirkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan yang menjadi cita-cita pariwisata Indonesia, memang diperlukan penyediaan layanan yang terbaik.

Oleh karena itu, ia berharap apresiasi ini dapat memberikan semangat dan keyakinan bagi pelaku industri pariwisata di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi wisatawan sekaligus membuka kesempatan untuk saling berkolaborasi.

“Saya mengharapkan adanya peningkatan kualitas pelayanan bagi wisatawan, fokus pada peningkatan kenyamanan wisatawan karena kita bukan hanya memiliki alam yang indah tapi juga hospitality yang menawan,” kata Sandiaga.

Meski industri pariwisata sudah mulai bangkit dari pandemi COVID-19, namun tantangan-tantangan di depan tetap ada. Karenanya ia mengajak seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi.

Presiden ITTA Foundation yang juga CCO TEPANAS (Teman Parekraf Nasional) Panca Sarungu, mengatakan penetapan penerima penghargaan di tiap kategori dilakukan melalui tiga tahapan. Pertama, melalui voting di mana terdapat lebih dari 55 ribu vote dalam dua pekan durasi pemilihan. Para pemilih pun terdata tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari sejumlah negara tetangga.

Selanjutnya, bekerja sama dengan Binus Business School memvalidasi data dari hasil voting tersebut untuk kemudian disampaikan kepada 9 anggota board advisor dari ITTA untuk ditetapkan sebagai peraih penghargaan.

“Jadi valuenya kita combine dan baru kita tentukan pemenangnya,” ujar Panca.

Indonesia Lifetime Achievement Awards in Education

Selain memberikan penghargaan terhadap industri jasa pariwisata, ITTA 2023/2024 juga memberikan penghargaan khusus salah satunya Indonesia Lifetime Achievement Awards in Education yang diberikan kepada Dr.(HC) Dra. Rachmini Rachman Uno atas dedikasi dan sumbangsihnya bagi dunia pendidikan Indonesia.

Dalam sambutannya, perempuan yang akrab disapa Mien Uno ini menyampaikan apresiasi yang tinggi atas penghargaan yang diberikan. Hal ini dikatakannya sebagai amanah agar bisa menjadi lebih baik dalam mendukung dunia pariwisata tanah air. Terlebih pariwisata merupakan bagian yang sangat penting untuk kemajuan bangsa.

“Satu hal yang tak kalah penting adalah integritas, itu adalah hal yang harus dikembangkan dari kita termasuk bagaimana cara kita bersosialisasi dengan cara yang baik. Karena faktor yang utama adalah melayani how to serve others, tapi sebelum itu we have to know how to serve yourself. Jadi inilah satu hal yang sangat penting diketahui oleh generasi muda,” ujar Mien Uno.

Para Peraih Penghargaan ITTA 2023/2024 sebagai berikut:

Indonesia Leading Design Resort Bali – Desa Visesa Ubud Resort Bali;

Indonesia Leading Design Hotel Bali – Viva Dash Hotel Seminyak;

Indonesia Leading Local Hotel Operator – Archipelago International Indonesia;

Indonesia Leading Luxury Resort – MUA Nusa Penida;

Indonesia Leading 5 Star Hotel Surabaya – Hotel Ciputra World Surabaya;

Indonesia Leading Growing Local Hotel Chain – Azana Hotel & Resort Management;

Indonesia Leading Design Hotel – Sapphire Sky Hotel and Conference BSD;

Indonesia Leading 4 Star Hotel Jakarta – Swiss-Belresidence Kalibata;

Indonesia Best Beach Club in Lombok – Mandalika Beach Club;

Indonesia Resort of the Year – Merusaka Nusa Dua;

Indonesia Leading Beach Resort – Merusaka Nusa Dua;

Indonesia Leading Resort Bali – Merusaka Nusa Dua;

Indonesia Leading Authentic Hotel Operator – PT Aero Hotel Management;

Indonesia Leading Beach Hotel – Prama Sanur Beach Bali;

Indonesia Leading Serviced Apartment & Suite – Ascott Sudirman Jakarta;

Indonesia Brand New Serviced Apartment of the Year – Citadines Sudirman Jakarta;

Indonesia Leading 5 Star Hotel Semarang – Hotel Ciputra Semarang;

Indonesia Government and Public Policy Awards – H. Syaiful Huda;

Indonesia Government and Public Policy Awards – Agustina W Pramestuti, S.S., M.M;

Indonesia Government and Public Policy Awards – Dr. Ir, Hetifah Sjaifudian, MPP;

Indonesia Government and Public Policy Awards – Dr. Dede Yusuf M.E, S.T., N.I.POL;

Indonesia Government and Public Policy Awards – Dr. H. Abdul Fikri Faqih;

Indonesia Government and Public Policy Awards – Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. (Red)