Riyadh – Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan mendampingi Presiden RI, Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi, Sri Paduka Putera Pangeran Mohammed bin Salman di Riyadh, Arab Saudi, Kamis (19 Okt). Menurut Mendag Zulkifli Hasan, kedua negara terus mendorong peningkatan kerja sama di berbagai bidang, salah satunya di bidang perdagangan.

Mendag menjelaskan, pertemuan berjalan sangat baik dan positif. Bahkan, beberapa usulan dari Presiden Jokowi direspons dengan cepat, seperti terkait kerja sama di bidang perdagangan, investasi, dan penambahan jumlah kuota haji.

Dalam pertemuan juga dibahas mengenai pembentukan tim perundingan Indonesia–Saudi Arabia Comprehensive Economic Partnership Agreement (ISA CEPA). Menurut Mendag, ISA CEPA akan menjadi kerangka dasar untuk mewujudkan neraca perdagangan bilateral yang lebih seimbang. Arab Saudi merupakan pasar terbesar di kawasan Timur Tengah dan Gulf Cooperation Council (Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Kawasan Teluk). Arab Saudi merupakan tujuan ekspor ke-23 dan negara ke-10 sebagai sumber impor bagi Indonesia.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan ini, antara lain Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Ad Interim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Erick Thohir; Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo; dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. (Red)