Jakarta – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menghadiri Dies Natalis ke-77 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang berlangsung di Jakarta, Selasa (5 Mar).

Dalam arahannya, Mendag mengatakan bahwa pada 2023, neraca perdagangan Indonesia surplus USD 36,91 miliar. Tren surplus neraca perdagangan terjadi selama 45 bulan berturut-turut sejak Mei 2020–Januari 2024.

Mendag menambahkan, ekonomi Indonesia pada 2023 tumbuh 5,05% year on year (YoY) dan Indonesia diproyeksikan menjadi negara maju dengan PDB terbesar ke-5 di dunia pada 2045.

Lebih lanjut Mendag menjelaskan, HMI sebagai wadah generasi muda islami di Indonesia harus dapat memanfaatkan bonus demografi untuk peningkatan produktivitas ekonomi masyarakat.

Mendag berharap melalui peringatan Dies Natalis ke-77 HMI ini, arti dan peran HMI makin besar bagi masyarakat Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy; Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo; serta Kapolri, Listyo Sigit Prabowo. (Red)