Kiprah GP Ansor Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Nawardi: Tidak Terbantahkan!

Jatim – GP Ansor Suokobanah Sumenep sertai pertemuan Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara yang diselenggarakan oleh Anggota MPR RI, Ahmad Nawardi.

Pada hari itu, hadir juga pengurus GP Ansor Jatim dalam rangka pendampingan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan GP Ansor di Jatim (Sokobanah, 24/05/2021).

Pada pertemuan dengan menerapkan Prokes Covid-19 itu, Nawardi menegaskan bahwa kiprah GP Ansor dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah tidak terbantahkan.

Menurutnya, GP Ansor memang lahir untuk diproyeksikan sebagai wadah berkiprah dan pengabdian secara konkret, baik kepada agama, negara, alim ulama, pesantren, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah.

“Inilah yang membedakan GP Ansor dengan organisasi-organisasi kepemudaan lainnya”, terangnya.

Lanjutnya lagi, bahwa Gerakan Pemuda Ansor berasaskan Pancasila, yakni keTuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Anggota MPR RI, Nawardi menjelaskan bahwa GP Ansor sesuai peraturan dasarnya bertujuan antara lain: Pertama, membentuk dan mengembangkan generasi muda Indonesia sebagai kader bangsa yang tangguh, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, berkepribadian luhur, berakhlak mulia, sehat terampil, petriotik, ikhlas dan beramal shalih.

Kedua, menegakkan ajaran islam Ahlussunnah Wal Jamaah dengan menempuh manhaj salah satu madzhab empat di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketiga berperan secara aktif dan kritis dalam pembangunan nasional demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia yang berkeadilan, kemakmuran, berkemanusisaan dan bermartabat bagi seluruh rakyat Indonesia yang diridlai Allah SWT.

“GP Ansor harus terus melakukan giat kemanfaatan bagi Bangsa Indonesia tercinta di segala aspek kehidupan. Apalagi di masa pandemi dan berbagai bencana alam, GP Ansor harus selalu siap tampil paling depan untuk seluruh lapisan masyarakat,” tutupnya. (**)