BENGKULU – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tahapannya susah dimulai, baik Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Calon Anggota Legislatif (Caleg), dari tingkat pusat maupun daerah.

Para calon mulai ramai mencari simpati rakyat agar nantinya terpilih. Tidak menutup kemungkinan, dalam menjelang Pemilu, informasi-informasi yang mengandung ujaran kebencian hingga hoaks bisa terjadi, termasuk politik uang dan lainnya.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Kapolresta Bengkulu, Kombes Pol. Aris Sulistyono baru-baru ini mengeluarkan 5 poin imbauan yang masyarakat harus tahu. Imbauan ini tidak lain dan tidak bukan tujuannya untuk menujudkan Pemilu 2024 berlangsung damai sesuai harapan Bersama, Minggu (29/10/23).

Poin-poin imbauan yang dikeluarkan Kapolresta Bengkulu yakni, tolak politik uang, hindari hoaks dan hatespeech, hindari black campaign dan negatif campaign, tidak mengadu domba dan memecah belah, jangan mengintimidasi dan memaksakan kehendak.

“Tahapan Pemilu sudah mulai berjalan, kami imbau masyarakat agar mari bersama-sama menjaga stabilitas keamanan, hindari penyebaran berita hoaks terkait isu sara maupun politik, jangan saling adu domba. Berbeda pilihan hendaknya disikapi dengan bijak, siapa pun calonnya, apa pun partainya, kita tetap harus menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif. Mari sama-sama ciptakan Pemilu 2024 aman, sejuk dan damai,” ajak Kapolresta. (Rls)