Oslo, Norwegia – Indonesia menjadi pusat perhatian dalam Travel Expo terbesar di Norwegia, yang diselenggarakan di Telenor Arena, Oslo (13-14/1). Dalam dua hari pameran tersebut, booth Indonesia dipadati oleh calon wisatawan Norwegia yang antusias untuk menjelajahi keindahan Indonesia. Antusiasme pengunjung pada Travel Expo 2024 cukup tinggi, dengan lebih dari 7.000 calon wisatawan yang hadir.

Partisipasi Kedutaan Besar Indonesia di Oslo (KBRI Oslo) memainkan peran penting dalam mempromosikan pariwisata Indonesia selama Travel Expo. KBRI Oslo aktif melibatkan operator perjalanan, menawarkan paket langsung dan promosi untuk menarik perhatian audiens Norwegia.

Teuku Faizasyah, Duta Besar Indonesia untuk Norwegia, menyatakan, “Melalui keikutsertaan KBRI Oslo di Travel Expo ini, kami ingin lebih meningkatkan lagi jumlah kunjungan wisatawan asal Norwegia ke Indonesia.” Pada tahun 2023, jumlah wisatawan Norwegia ke Indonesia mencapai sekitar 19 ribu orang, meningkat lebih dari 90% dari tahun 2022 dengan jumlah 10 ribu orang.

Pada Travel Expo 2024, Booth Indonesia menampilkan tema “Escape the Winter” untuk memanfaatkan peningkatan tren liburan masyarakat Norwegia ke negara tropis selama liburan musim dingin. Indonesia memperkenalkan tujuan wisata di luar Bali, seperti Jakarta, Yogyakarta, Sumatera Barat, Lombok, Sumatera Utara dan Barat, dan Sulawesi Utara.

Dalam pameran ini, Indonesia memamerkan kekayaan budaya melalui pertunjukan tarian Bona Jeges dari Sumatera Utara dan tarian ondel-ondel dari Jakarta. Tak hanya itu, kopi Indonesia dan alat musik Gambang juga menjadi daya tarik pengunjung.

Selama dua hari pameran, booth Indonesia dipadati pengunjung yang antusias untuk membeli paket pariwisata Indonesia. Banyak pengunjung yang sudah pernah mengunjungi Indonesia sebelumnya juga berminat untuk kembali mengeksplorasi tujuan wisata unik di Indonesia.

Berdasarkan data dari Travel Expo dan statistik Norwegia, wisatawan Norwegia memiliki periode wisata panjang (lebih dari 10 hari) dan tingkat pengeluaran wisata tinggi, khususnya saat liburan musim panas dan dingin yang berlangsung lebih dari 30 hari. Para calon wisatawan Norwegia lebih menyukai tempat wisata yang unik dan kaya budaya, termasuk kegiatan hiking dan diving, sambil berharap akan fasilitas dan transportasi yang baik. (Red)