Bantuan Benih Jagung Untuk Petani Mukomuko

Mukomuko, kabar86.com – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebutkan tahun 2021 seluas 1.000 hektare lahan milik petani di daerah ini yang mendapatkan bantuan benih jagung unggul dari pemerintah provinsi setempat.

“Tahun 2021 alokasi bantuan benih jagung untuk lahan seluas 1.000 hektare milik petani setempat, berkurang dibandingkan dengan tahun 2020 seluas 1.447 hektare,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Junaidi di Mukomuko, Sabtu.

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko sebelumnya mengusulkan bantuan untuk pengembangan tanaman jagung di lahan pertanian seluas 1.500 hektare milik petani di daerah ini.

Dari usulan bantuan benih jagung untuk lahan pertanian seluas 1.500 hektare milik petani yang tersebar di sejumlah wilayah ini, yang disetujui oleh pemerintah hanya seluas 1.000 hektare.

Kendati demikian, kualitas benih jagung bantuan pada tahun 2021 lebih bagus dibandingkan tahun ini. Tahun 2020 petani menerima benih jagung varietas umum (VU) 3 pada tahun 2021 VU 2.

Terkait dengan pelaksanaan penanaman benih jagung bantuan pemerintah tersebut di lahan seluas 1.000 hektare di daerah ini, ia mengatakan, permintaan dari instansinya sekitar bulan Maret 2021.

Ia menjelaskan, pihaknya meminta penyaluran benih jagung pada bulan Maret 2021 karena bulan Februari sudah mulai masuk musim tanam padi dan pada bulan Mare air irigasi sudah harus mengalir ke lahan pertanian tanaman padi dan tanaman jagung di daerah ini.

Ia menyebutkan, lahan seluas 1.000 hektare yang diusulkan mendapatkan bantuan benih jagung unggul ini tersebar di Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Teras Terunjam, Kecamatan Malin Deman, Kecamatan Teramang Jaya, Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan V Koto dan Kecamatan XIV Koto.

“Hampir sebagian kecamatan dari 15 kecamatan di daerah ini memiliki lahan pertanian tanaman jagung, terutama kecamatan yang berada dekat daerah irigasi teknis,” ujarnya pula.(Ant)