WNI di Turki Nyatakan Dukungan Untuk Jokowi

London, – Warga Indonesia yang ada di Istanbul, Turki termasuk diaspora, para pekerja migran dan mahasiswa melakukan deklarasi dukungan kepada Capres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin bertempat di Taksim Gezi Park, Istanbul Turki, Minggu (17/3). Kegiatan deklarasi dukungan Jokowi 2 periode ini diawali dengan sarapan khas Turki, pembagian kalender dan sticker Jokowi, diskusi kerja nyata presiden Jokowi dan dilanjutkan deklarasi dukungan Jokowi pada pemilihan umum presiden, demikian Relawan Jokowi – Ma’ruf Amin di Turki, Tanna Briliant Dwizky, kepada Antara London, Minggu.

Koordinator acara Deklarasi yang tinggal di Turki, Nira Tami mengatakan sebagai diaspora Indonesia yang hidup di luar negeri, menyatakan dukungan dari Turki untuk Jokowi karena merasakan kerja nyata Jokowi yang memberikan dampak untuk Indonesia.

Dikatakannya hidup diluar negeri dan jauh dari Indonesia tidak menyurutkan para pekerja migran Indonesia yang tengah merantau di Istanbul, Turkey. Terdapat ribuan pekerja imigran Indonesia yang hidup di Turki menyumbangkan devisa untuk negara.

Para pekerja migran menyambut bahagia datangnya pemilu presiden 2019 yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang dengan memberikan dukungan untuk Jokowi pada pemilu kali ini. Sebanyak 30 WNI berkumpul pada Minggu bertempat di Taksim Gezi Park, Istanbul Turki.

Menurut Nira Tami, ia dulu sangat acuh dengan yang namanya pemilu. Namun sekarang saya sangat peduli dan mau memperjuangkan suara Jokowi agar bisa dua periode. Nira Tami turut melakukan sosialisasi kepada para pekerja migran Indonesia di Istanbul Turki, agar mereka menggunakan hak pilihnya pada pemilu di bulan April mendatang.

Menurut Tanna Briliant Dwizky, yang tengah menuntut ilmu di Ege University Izmir Turkey, kegiatan Deklarasi Jokowi 2 periode juga dilakukan sebelumnya di berbagai kota seperti Istanbul, zmir seperti halnya dilakukan oleh para relawan dari Eropa.

“Rencananya kami akan bekerja sama dengan pihak Relawan Jokowi Eropa untuk membuat acara deklarasi Jokowi di Istanbul dengan menaiki kapal melintasi selat bosphorus,” demikian Nira Tami. (Ant)