Kades di Mamuju Diduga Lakukan Tindak Pidana Pemilu

Mamuju, – Kepala Desa Toabo Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat diduga melakukan tindak pidana pemilu.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mamuju Divisi Penindakan dan Pelanggaran Faisal Jumalang menyerahkan berkas dugaan pelanggaran pidana pemilu yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Toabo, Bahri Tiro, Kecamatan Papalang, ke Polres Mamuju, di Mamuju, Senin.

Laporan tersebut diterima Kasat Reskrim Polres Mamuju, AKP Syamsuriansyah.

Faisal Jumalang mengatakan, berkas yang dilaporkan tersebut merupakan hasil penyelidikan tim Gakkumdu (penegakan hukum terpadu) di Mamuju.

“Laporan terkait dugaan pidana pemilu yang dilakukan Kepala Desa Toabo itu diduga terjadi pada kegiatan olahraga Toabo Cup, 17 Januari lalu, Bahri Tiro terindikasi mengkampanyekan salah satu peserta pemilu, saat menyampaikan sambutan di turnamen Toabo Cup,” katanya.

Dalam sambutannya, kata dia, Kades Toabo menyampaikan bahwa turnamen sepakbola Toabo Cup tersebut diselenggarakan oleh peserta pemilu dengan menyebut suatu nama calon anggota legislatif (Caleg).

Jumalang mengatakan Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian di Mamuju telah sepakat bahwa perbuatan kades ini merupakan pelanggaran, makanya telah diserahkan ke Satreskrim Polres Mamuju untuk selanjutnya di proses hukum lebih lanjut.

Namun Jumalang belum menyampaikan nama caleg dan partai yang disebut kepala desa yang dilaporkan.(Ant)