Relawan Jokowi Buka Posko Pengaduan Online Pantau Rekam Jejak BPK

Immanuel Ebenezer Ketua Umum Jokowi Mania saat bersama Presiden Jokowi di Istana Negera beberapa waktu lalu. (Istimewa).

Jakarta – Relawan Jokowi Mania (JOMAN) bersama Jaringan Informasi Rakyat (Jari Rakyat) membuka posko pengaduan untuk memantau rekam jejak calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Organisasi ini melalui saluran pengaduan rakyat di www.jarirakyat.com membuka menerima dan memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat tentang rekam jejak calon anggota BPK.

“Pengaduan rekam jejak tersebut dimaksudkan sebagai wadah aspirasi rakyat untuk kemudian dapat dijadikan pertimbangan bagi Komisi XI DPR RI untuk memilih anggota BPK periode 2019-2024,” terang Immanuel Ebenezer Ketua Umum relawan Jokowi Mania melalui rilisnya, Rabu malam (17/07/2019).

Ia mengatakan, posko online tersebut bersifat independen, dan berharap menjadi ruang bebas merdeka bagi rakyat untuk memberi masukan siapa calon anggota BPK yang layak dan tidak layak dipilih. Immanuel menegaskan, pemilihan calon anggota badan audit negara memang bersifat politis, karena mekanisme pemilihan yang masih berada di tangan anggota DPR.

“Relawan Jokowi Mania berharap DPR dapat melihat, mendengar, dan merasakan suara publik yang berharap pemilihan tersebut dilakukan secara fair, terbuka, dengan mempertimbangkan integritas, kapabilitas, serta independensi calon,” terangnya.

Kata Immanuel, relawan Jokowi akan turun gunung mengawal proses seleksi calon anggota BPK tahun ini. Kami juga akan bertemu dengan Komite IV DPD dan Komisi XI DPR untuk memberikan masukan dari publik.

“Meski BPK merupakan lembaga tinggi negara yang posisinya sejajar dengan kepresidenan, kami akan bertemu secara khusus dengan Presiden Jokowi, memberi masukan agar benar-benar memperhatikan pemilihan anggota BPK,” tandasnya. (red)