Nama Kepala Desa : PUTU SURIADE
Nama Pokdarwis : PAPIDA
Nama Ketua Pokdarwis : YONAS WAHYUDI
Prestasi Desa Wisata :
– Juara 6 (Enam) Lomba Desa Wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2021
– Juara 1 (Satu) Lomba Desa Wisata tingkat Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2022.
– 10 besar finalis lomba Desa Wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2022.
Kategori Wisata : Wisata Kerukunan Antar Agama dan Budaya

 

Selamat siang pak. Apa yang bapak rasakan setelah ditetapkan masuk 10 besar provinsi?
Yah terima kasih, sejauh ini saya merasa bangga atas prestasi yang bisa kami dapatkan selama dua tahun ini. Dan ditahun ini dengan kembali masuk dalam 10 besar ditingkat Provinsi, kami optimis bisa masuk dijajaran lima besar.

Menurut Bapak, apa yang menjadi alasan Desa Rama Agung menjadi Desa Wisata yang diunggulkan?
Yang pertama karena potensinya, dimana di desa kami ini terdapat beragam suku, agama dan adat istiadat, yang istimewanya mereka semua dapat hidup secara berdampingan walaupun berbeda-beda. Selanjutnya karena lokasi yang tidak jauh dari pusat kota, menjadi keuntungan sendiri karena kemudahan dalam akses pendukung.

Apa tujuan wisata prioritas di Desa Rama Agung?
Wisata edukasi tentang keberagaman agama dan arti kerukunan, sehingga para wisatawan dapat berkunjung sekaligus belajar tentang keberagaman yang ada di Desa Rama Agung.

Dari pihak Desa, apakah anggaran dana desa memadai untuk pengembangan desa wisata?
Sejauh ini belum memadai, karena pengelolaan wisata ini sendiri masih terbilang baru dan masih diperlukan pembinaan dan juga pembenahan lebih lanjut.

Berapa yang dianggarkan tahun ini dari dana desa?
Rp. 10.129.000

Apakah Pemkab Bengkulu Utara cukup memperhatikan fasilitas wisata di Rama Agung?
Belum cukup diperhatikan, mengingat akses menuju destinasi wisata sendiri masih belum memadai dan masih sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah.

Apakah ada bantuan uang atau pembangunan dari pemkab untuk pengembangan wisata?
Bantuan yang diterima dari Pemkab Bengkulu Utara berupa pembangunan tugu kerukunan dan gapura selamat datang ditahun 2020.

Apa yang harus dibenahi untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Desa Rama Agung?
Masih sangat banyak yang harus dibenahi, salah satunya kerjasama antara pemerintah desa, pemerintah kabupaten dan pengelolaan wisata. Baik dibidang anggaran maupun dibidang pembangunan dan pemberdayaan.

Apa harapan bapak kepada Pemkab Bengkulu Utara dan Dinas Pariwisata?
Harapan saya kepada Pemkab Bengkulu Utara, mengingat Desa Rama Agung merupakan salah satu desa yang istimewa dan tidak terdapat di desa lain di Provinsi Bengkulu. Jadi, kami meminta ada perhatian lebih dari pemerintah, agar keistimewaan desa tidak hilang dan bisa menjadi ikon Bengkulu Utara. Dan untuk Dinas Pariwisata, kami harapkan untuk terus mendukung dan mendampingi dalam hal pengelolaan pariwisata di Desa Rama Agung. (Adv)